Pages

Monday, April 30, 2012

Dear wifey - 8 Secrets of Success

Dear bunda,

Pagi ini ayah mau share salah satu Ted talks yang pernah ayah lihat. Ted talks sendiri adalah sebuah komunitas di internet yang merupakan wadah untuk menjadi audience banyak pembicara bagus dari berbagai macam topik dan sangat memungkinkan juga bagi kita untuk menjadi pembicara di sana. Seperti tadi yang sudah aku sebut, topiknya sangat luas sekali. Konten di website ted itu sendiri adalah video recording dengan kualitas yang sangat bagus dan dilengkapi dengan subtitle dari banyak bahasa.

Topik yang ingin ayah share kali ini adalah mengenai 8 rahasia menuju sukses. Speakernya bernama Richard St. John. Mengapa seseorang bisa sukses? Apakah karena mereka pintar ataukah karena mereka beruntung? Ternyata tidak kedua-duanya. Lalu mengapa orang sukses? Dari reseach Mr Richard menemukan 8 hal berikut yang dapat menghantarkan kita menuju sukses.

Passion Work Good Focus Push Serve Ideas Persist

Banyak motivator mengatakan passion adalah kunci utama menuju kesuksesan. Namun terkadang memang tak mudah untuk menemukannya. Ayah sendiri terkadang masih merasa belum tahu passion sesungguhnya seperti apa. Tapi ada clue yang mudah untuk melihat passion kita. Do it for love not money. Apabila kita passion terhadap sesuatu bahkan mungkin kita akan bersedia membayar untuk melakukan passion kita tersebut.

Kedua adalah work for your passion. Day and night. Belajar terus, improve terus. Meski awalnya do it for love, biasanya money comes later, much money than we think before.

Ketiga, good for you work of passion. To be successful put your nose down in something and get damn good at it. Bunda good in communication science. And I want to be good in science and engineering. Then how to be good? Kalau orang real estate bilang ada 3 hal yang penting dalam real estate: lokasi, lokasi dan lokasi. Untuk menjadi good dalam passion kita ada 3 hal juga yang harus dilakukan: practice, practice and practice.

Keempat, focus terhadap satu hal.

Kelima, push yourself. Manusia itu dinamis. Terkadang semangat terkadang kurang semangat. Tugas kita untuk selalu mendorong diri baik saat semangat atau pun tidak. Jika sedang tidak semangat, Allah sudah mengkaruniai aku seorang istri pilihan yang akan selalu menjadi penyemangat aku. Kita harus selalu berusaha mendorong diri dari rasa malu dan ragu.

Keenam, serve. Berbagi dan melayani. Helping people and sharing something that we have. Doctor will serve passion. Writter will serve reader. Teacher will serve their student. Pemimpin akan melayani bawahannya. And believe it or not, usually, again, money comes later.

Ketujuh, ideas. Find good ideas. Ada 7 petunjuk untuk membangun ide. Dengar, objservasi, ingin tahu, bertanya, memecahkan masalah dan menghubungkan.

Terakhir dan ultimately, persist. Ketujuh poin tadi tak akan ada gunanya jika kita tidak persist dalam mencapai tujuan kita. Kita harus persist terhadap CRAP: Critisism, Rejection, Asshole :p, dan Pressure. That will be challenging. Tapi hidup terasa lebih seru kan dengan tantangan.

Sebagai penutup, kita harus selalu ingat bahwa sukses itu bukan destinasi tapi proses.

Tunggu aku di Ilmenau pada September ini. Aku ingin terus saling belajar bersama bunda. Btw, surat kali ini kok malah sharing ya, bukan surat cinta. :p

PS: I love you







No comments:

Post a Comment