Pages

Saturday, April 28, 2012

Dear wifey - Curhat ngalor ngidul di malam hari

Dear bunda,

Sedikit curhat ngalor-ngidul malam ini sebelum tanggal berganti. Sebab tadi pagi aku bangun siang dan belum menulis surat cinta. Meski sebenarnya sih surat cinta hari ini adalah yang aku kirim semalam (ketauan malas). Insya Allah tak pernah ada kata sibuk untuk bunda. Semoga bisa tetap istiqamah menulis meski nanti beberapa minggu lagi kita sudah bersama. Aku ingin menjadikan ini sebagai buku harian juga. Di mana banyak curahan-curahan hati dan pemikiran yang aku sampaikan melalui bunda.

Dari dulu aku ingin menjadi pengajar. Berdiri di depan kelas berbagi ilmu dan memberi inspirasi. Aku ingin menjadi orang yang bisa simplify complex thing dan bukan complicate simple thing. Aku ingin menjadi inspirator yang membuat orang senang dan semakin semangat untuk terus belajar. Mengajar juga seharusnya menjadi pekerjaan yang memungkinkan aku tetap mempunyai banyak waktu dengan keluarga. Dengan mengajar juga selain bisa menginspirasi orang yang aku ajar, aku juga ingin bisa memberi inspirasi untuk anak-anakku kelak.

Sejak semalam aku iseng opencourseworknya MIT. Open Course Work itu adalah salah satu pendekatan long distance learning melalui web yang disediakan beberapa universitas. Kontennya bisa dinikmati oleh mahasiswa MIT sendiri dan terbuka juga untuk umum. Salah satu pioner open course work adalah MIT sendiri. Selain MIT ada juga beberapa universitas lain semisal UC Berkeley. Dalam open coursework ada banyak media yang dishare semisal video kuliah, handout presentasi, tugas dan referensi-referensi lainnya. Untuk MIT sendiri menyediakan banyak sekali open course work untuk beberapa departemen termasuk computer science dan electrical engineering. Semalam tak sengaja saat iseng searching aku mendapat link beberapa course video computer science meski untuk undergraduate sih. Dari situ senang bisa melihat dosen-dosen mengajar di depan kelas. Bisa berbicara panjang lebar dan berisi dan sekali lagi sangat menginspirasi. Makanya tiba-tiba jadi ingin membangunkan mimpi menjadi pengajar lagi.

Maka dari itu juga sejak beberapa hari aku mulai rajin buka-buka buku lagi. Belajar kalkulus, baca buku electrical engineering dan baca buku algorithms sambil koding-koding merefresh ingatan syntax c++. Salah satu hikmah Allah belum kasih aku beasiswa mungkin Allah pengen aku lebih siap saat kuliah. Jadi kuliahnya pun bisa maksimal dan hasilnya pun bisa maksimal. Aku tak mau seperti S1. Selulus kuliah tiba-tiba semua yang aku pelajari menguap. Aku pengen bisa punya pemahaman komprehensif terhadap satu bidang. Menjadi expert di bidang itu. Menulis buku (aku sudah sangat sering berkoar tentang ini). Mengajar dengan pemahaman yang mendalam. Bahkan ingin menjadi professor dalam bidang ini.

Tapi bunda tak usah khawatir. Aku tetap ingin menjadi diri aku sendiri. Ketika aku ingin menjadi sesuatu, itu karena aku ingin menjadi itu. Bukan sekedar ikut-ikutan. Bukan sekedar karena uang. Aku ingin benar-benar menjalani sesuatu yang menjadi passion aku. Meski sampai sekarang masih meraba-raba, nampaknya passion tersebut ada pada sesuatu bidang yang bernama computer science dan dalam pekerjaan yang bernama mengajar dan researcher. Baiklah tanggal sudah hampir berganti di waktu Singapura ini. Demikian dulu curhat tak jelas di malam ini.

Aku kangen bunda. Ingin segera ketemu di Ilmenau dalam beberapa minggu lagi. Aku ingin coba menamkan ini sebagai visualisasi positif. Membayangkan seakan nyata, sehingga siapa tahu benar-benar bisa menjadi nyata.

PS: I love you

No comments:

Post a Comment